Jumat, 07 November 2014

jurnal belajar 1 (pengantar pendidikan)



JURNAL BELAJAR
PERTEMUAN I                              



1.      IDENTITAS
Nama                    : Ajizatunnisa  
NIM                      : 201310070311085
Mata Kuliah        : Pengantar Pendidikan
Dosen                    : Husamah S.Pd
Kelas                     : Biologi B
Pertemuan           : I  (19 September 2013)                                                       
Topik                    : Penjelasan tugas dan materi pengantar pendidikan

2. KONSEP PENTING YANG TELAH DIPAHAMI
            Setelah mengikuti kuliah yang pertama ini ada beberapa materi yang telah saya pahami, yaitu:
1. Dalam pembuatan tugas makalah ada aturan yaitu minimal ada lima belas lembar, itu membuat siswa akan lebih berfikir secara kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas. Akan lebih sungguh-sungguh.
2.  Jurnal belajar akan bermanfaat bagi siswa karena jurnal membuat siswa harus berkonsentrasi dalam mengikuti mata kuliah tersebut. Jika tidak berkonsentrasi, maka tidak akan bisa menbuat juranla belajar. Jurnal akan mengasah seberapa tajam daya tangkap dan daya ingat siswa tersebut. Siswa akan rajin mencatat apa yang terjadi di dalam proses pembelajaran pengantar pendidikan, karena itu merupakan salah satu aspek yang akan ditulis dalam jurnal belajar. Jurnal juga akan mengasah krestifitas siswa dalam hal menulis.
3.  Dalam jurnal belajar juga ada rubrik penilaian. Rubrik ini akan mempertajam rasa peka dalam diri siswa. Seberapa peka ia dalam menilai tugasnya sendiri. Semakin dekat skor yang ia tulis dengan apa yang pengajar tulis, maka itu akan bagus.
4. Membuat analis kritis akan memaksa siswa untuk membaca karena, dengan membaca siswa akan tau fakta-fakta unik dalam artikel, siswa akan meluncurkan pertanyaan yang ada dalam otak mereka seputar artikel yang mereka baca. Siswa juga dapat menulis semua kejadian yang mereka alami selama pembuatan analis kritis dalam refleksi diri. Refleksi diri layaknya buku diary. Kreatifitas siswa dalam menulis juga akan diasah disini.

3. KONSEP YANG BELUM DIPAHAMI
1. Bagaimana jika saat menulis analis kritis tidak ditemukan fakta-fakta yang menarik? Apakah fakta yang tidak menarik pun dapat ditulis?
     2. Apa diwajibkan membaca artikel atau sumber lain lebih dari satu dalam menulis analis kritis?

4. PERMASALAHAN BESERTA PEMECAHANNYA
4.1 Permasalan yang Muncul pada Diri Sendiri
            1.  Bagaiman jika hanya menuliskan cerita dalam refleksi diri? Apakah akan mempengaruhi nilai?
       Pemecahannya: Menuliskan cerita yang sedang dialami dalam refleksi diri itu tidak ada masalah. Dengan bigitu akan pengajar akan tau, atau bahkan akan mencaikan solusinya. Tapi jika ditambahkan harapan atau apa yang didapat selama mengerjakan tugas juga akan bagus.  
2.       Bagaimana cara membagi waktu antara membuat jurnal belajar        dengan makalah dan power point?
       Pemecahannya: Dengan tidak menunda-nunda waktu pengerjaan tugas maka tugas tersebut bisa selesai tepat waktu. Gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan terlalu santai, tetapi jangan pula terlalu serius. Tugas jangan dijadikan sebagai beban, jadikan itu penyemangat untuk terus belajar.



4.2 Permasalah yang Muncul pada Diskusi Kelas/Pembelajaran.
            Pertanyaan yang muncul saat pembelajaran serta jawabannya adalah sebagai berikut:
1. Pertanyaan 1 (Ilyas):  Apakah jurnal dibuat dalam minggu ini atau minggu depan setelah presentasi?
Jawab (Pak Husamah): Jurnal dibuat dalam minggu ini, agar kalian mulai belajar dan lebih mengerti materi saya. Jadi semua yang terjadi dalam pembelajaran kali ini harus kalian catat.
2. Pertanyaan 2 (Tari)     : Apakah antis itu jumlahnya terbatas? Bagaimana     jika dalam seminggu ada enam antis?
               Jawab (Pak Husamah) : Antis itu sulit loh ya. Antis yang diwajibkan hanya 2 dalam satu semester.
3. Pertanyaan 3 (Dina)    : Apakah judul dari antis itu terserah atau ada kaitannya dengan materi pengantar pendidikan?
   Jawab (Pak Husamah) : Iya, harus ada kaitannya dengan pengantar pendidikan.
4. Pertanyaan 4 (Rahmi)  : Apakah antis juga ada rubrik penilaiannya?
    Jawab (Pak Husamah) : Iya, ada rubrik penilaiannya sendiri.
5. pertanyaan 5 (Miftah)  : Apakah jurnal belajar ada batasan minimal halaman?
   Jawab (Pak Husamah): Tidak ada maksimal, tidak ada minimal. Karena ini masih pertemuan pertama jadi jumlah halamannya masih sedikit.

5. REFLEKSI DIRI
            Ini adalah jurnal belajar saya yang pertama, dengan topik penjelasan tugas dan materi pengantar pendidikan yang dibina oleh bapak Husamah S.Pd. Materi ini menjelaskan tentang tugas yang akan dikerjakan oleh mahasiswa. Dengan adanya tugas ini maka siswa akan lebih berfiikir kritis dan akan lebih berkonsentrasi di dalam kelas. Tugas ini akan membuat siswa mejadi lebih rajin dalam mencatat apa saja yang terjadi dalam diskusi kelas.  Selama mengerjakan tugas ini, banyak kejadian yang saya alami. Saat akan mengerjakan tugas ini saya kebingungan karena notebook saya rusak. Ada empat tombol yang tidak bisa menjalankan fungsinya, sehingga membuat saya menjadi kerepotan dalam mengerjakan tugas. Tombol itu adalah, tombol huruf P, tombol titik dua, tombol titik, dan tombol koma. Tapi saya tetap saja mencoba mengerjakan tugas ini meski harus kerepotan. Namun, tiba-tiba saya ingat bahwa di Malang saya tidak sendiri. Ada kakak saya yang juga kuliah di Malang, jadi saya pinjam saja laptop kakak saya. Meskipun kakak saya harus rela mengerjakan tugasnya sendiri di rental. Kakak dan om saya mengantarkan laptopnya jam 9 malam ke kosan saya, lalu saya langsung mengerjakan tugas. Nah, tugas telah selesai saya kerjakan. Hanya tinggal mencetak saja. Saya simpan tugas saya di dalam flashdisk.
            Saat saya pergi ke rental untuk mencari materi tugas yang lain, tiba-tiba flashdisk saya tidak bisa dilihat isinya. Alhasil, semua data yang ada dalam flashdisk hilang entah kemana. Ini membuat saya ingin menangis, karena tugas jurnal belajar yang telah saya kerjakan itu hilang. Akhirnya, saya membuat lagi jurnal belajar, meski dengan hati yang galau karena banyak data yang hilang. Dapat diambil pelajaran, menyimpan data jangan hanya ada pada satu bentuk, simpan di dalam folder lain atau di laptop saja. Dengan adanya tugas jurnal belajar ini memacu saya untuk terus berkonsentrasi dalam mengikuti perkuliahan. Jadi, saya berusaha untuk terus fokus. Ini akan sangat membantu saya dalam mencapai nilai yang memuaskan.
 










RUBRIK PENILAIAN
MATA KULIAH BIOLOGI
SEMESTER GANJIL 2013-2014

No
Elemen
Skor
Maks
Penilaian
I. Identitas

Diri
Teman
Dosen
1
Nama dicantumkan
5



2
Seluruh masukan dibubuhi tanggal
5



3
Konsep yang dipelajari dicantumkan
5









II. Isi Jurnal




4
Mengeksplor beragam konsep penting yang dipeserta didiki
15



5
Menyajikan konsep yang belum dipahami 
15



6
Mengidentifikasi permasalahan/pertanyaan beserta peme-cahannya
15



7
Jurnal menunjukkan bahwa mahasiswa dapat melihat dirinya sendiri sebagai pembelajar, menemukan dan menyelesaikan masalah serta bekerja untuk meningkatkan kebiasaan belajarnya
20
























III. Sistematika




8
Jurnal terorganisasi dengan baik dan lengkap
10









IV. Lain-lain




9
Ketepatan dalam mengumpulkan jurnal
10











J u m l a h   S k o r  M a k s i m a l

100




Tidak ada komentar:

Posting Komentar