JURNAL
BELAJAR
PERTEMUAN
I
1.
IDENTITAS
Nama : Ajizatunnisa
NIM : 201310070311085
Mata
Kuliah : Pengantar
Pendidikan
Dosen : Husamah
S.Pd
Kelas : Biologi
B
Pertemuan
: I
(19 September
2013)
Topik :
Penjelasan tugas dan materi pengantar pendidikan
2. KONSEP PENTING YANG
TELAH DIPAHAMI
Setelah mengikuti kuliah yang pertama ini ada beberapa
materi yang telah saya pahami, yaitu:
1. Dalam
pembuatan tugas makalah ada aturan yaitu minimal ada lima belas lembar, itu membuat
siswa akan lebih berfikir secara kritis dan kreatif dalam mengerjakan tugas.
Akan lebih sungguh-sungguh.
2. Jurnal belajar akan bermanfaat bagi siswa
karena jurnal membuat siswa harus berkonsentrasi dalam mengikuti mata kuliah tersebut.
Jika tidak berkonsentrasi, maka tidak akan bisa menbuat juranla belajar. Jurnal
akan mengasah seberapa tajam daya tangkap dan daya ingat siswa tersebut. Siswa
akan rajin mencatat apa yang terjadi di dalam proses pembelajaran pengantar
pendidikan, karena itu merupakan salah satu aspek yang akan ditulis dalam
jurnal belajar. Jurnal juga akan mengasah krestifitas siswa dalam hal menulis.
3. Dalam jurnal belajar juga ada rubrik
penilaian. Rubrik ini akan mempertajam rasa peka dalam diri siswa. Seberapa
peka ia dalam menilai tugasnya sendiri. Semakin dekat skor yang ia tulis dengan
apa yang pengajar tulis, maka itu akan bagus.
4. Membuat
analis kritis akan memaksa siswa untuk membaca karena, dengan membaca siswa
akan tau fakta-fakta unik dalam artikel, siswa akan meluncurkan pertanyaan yang
ada dalam otak mereka seputar artikel yang mereka baca. Siswa juga dapat
menulis semua kejadian yang mereka alami selama pembuatan analis kritis dalam
refleksi diri. Refleksi diri layaknya buku diary. Kreatifitas siswa dalam
menulis juga akan diasah disini.
3.
KONSEP YANG BELUM DIPAHAMI
1. Bagaimana
jika saat menulis analis kritis tidak ditemukan fakta-fakta yang menarik?
Apakah fakta yang tidak menarik pun dapat ditulis?
2. Apa diwajibkan membaca artikel atau sumber
lain lebih dari satu dalam menulis analis kritis?
4. PERMASALAHAN BESERTA PEMECAHANNYA
4.1 Permasalan yang Muncul pada Diri Sendiri
1. Bagaiman jika hanya menuliskan cerita dalam
refleksi diri? Apakah akan mempengaruhi nilai?
Pemecahannya: Menuliskan cerita yang
sedang dialami dalam refleksi diri itu tidak ada masalah. Dengan bigitu akan
pengajar akan tau, atau bahkan akan mencaikan solusinya. Tapi jika ditambahkan
harapan atau apa yang didapat selama mengerjakan tugas juga akan bagus.
2. Bagaimana cara
membagi waktu antara membuat jurnal belajar dengan makalah dan power point?
Pemecahannya:
Dengan tidak menunda-nunda
waktu pengerjaan tugas maka tugas tersebut bisa selesai tepat waktu. Gunakan
waktu sebaik mungkin. Jangan terlalu santai, tetapi jangan pula terlalu serius.
Tugas jangan dijadikan sebagai beban, jadikan itu penyemangat untuk terus
belajar.
4.2 Permasalah yang Muncul pada Diskusi
Kelas/Pembelajaran.
Pertanyaan yang muncul saat
pembelajaran serta jawabannya adalah sebagai berikut:
1. Pertanyaan 1
(Ilyas): Apakah jurnal dibuat dalam
minggu ini atau minggu depan setelah presentasi?
Jawab (Pak Husamah): Jurnal dibuat dalam minggu ini, agar kalian mulai
belajar dan lebih mengerti materi saya. Jadi semua yang terjadi dalam
pembelajaran kali ini harus kalian catat.
2. Pertanyaan 2 (Tari) : Apakah antis itu jumlahnya terbatas? Bagaimana jika dalam seminggu ada enam antis?
Jawab (Pak Husamah) : Antis itu sulit loh ya. Antis yang diwajibkan hanya 2
dalam satu semester.
3. Pertanyaan 3 (Dina) : Apakah judul dari antis itu terserah atau ada kaitannya dengan materi
pengantar pendidikan?
Jawab (Pak Husamah) : Iya, harus ada kaitannya dengan pengantar pendidikan.
4. Pertanyaan 4 (Rahmi)
: Apakah antis juga
ada rubrik penilaiannya?
Jawab (Pak
Husamah) : Iya, ada rubrik
penilaiannya sendiri.
5. pertanyaan 5 (Miftah) : Apakah jurnal belajar ada batasan minimal halaman?
Jawab (Pak Husamah): Tidak ada maksimal, tidak ada minimal. Karena ini masih
pertemuan pertama jadi jumlah halamannya masih sedikit.
5.
REFLEKSI DIRI
Ini adalah jurnal belajar saya
yang pertama, dengan topik penjelasan tugas dan materi pengantar pendidikan
yang dibina oleh bapak Husamah S.Pd. Materi ini menjelaskan tentang tugas yang
akan dikerjakan oleh mahasiswa. Dengan adanya tugas ini maka siswa akan lebih
berfiikir kritis dan akan lebih berkonsentrasi di dalam kelas. Tugas ini akan
membuat siswa mejadi lebih rajin dalam mencatat apa saja yang terjadi dalam
diskusi kelas. Selama mengerjakan tugas ini, banyak kejadian yang saya
alami. Saat akan mengerjakan tugas ini saya kebingungan karena notebook saya
rusak. Ada empat tombol yang tidak bisa menjalankan fungsinya, sehingga membuat
saya menjadi kerepotan dalam mengerjakan tugas. Tombol itu adalah, tombol huruf
P, tombol titik dua, tombol titik, dan tombol koma. Tapi saya tetap saja
mencoba mengerjakan tugas ini meski harus kerepotan. Namun, tiba-tiba saya
ingat bahwa di Malang saya tidak sendiri. Ada kakak saya yang juga kuliah di
Malang, jadi saya pinjam saja laptop kakak saya. Meskipun kakak saya harus rela
mengerjakan tugasnya sendiri di rental. Kakak dan om saya mengantarkan
laptopnya jam 9 malam ke kosan saya, lalu saya langsung mengerjakan tugas. Nah,
tugas telah selesai saya kerjakan. Hanya tinggal mencetak saja. Saya simpan
tugas saya di dalam flashdisk.
Saat saya pergi ke rental untuk
mencari materi tugas yang lain, tiba-tiba flashdisk saya tidak bisa dilihat
isinya. Alhasil, semua data yang ada dalam flashdisk hilang entah kemana. Ini
membuat saya ingin menangis, karena tugas jurnal belajar yang telah saya
kerjakan itu hilang. Akhirnya, saya membuat lagi jurnal belajar, meski dengan
hati yang galau karena banyak data yang hilang. Dapat diambil pelajaran,
menyimpan data jangan hanya ada pada satu bentuk, simpan di dalam folder lain
atau di laptop saja. Dengan adanya tugas jurnal belajar ini memacu saya untuk
terus berkonsentrasi dalam mengikuti perkuliahan. Jadi, saya berusaha untuk
terus fokus. Ini akan sangat membantu saya dalam mencapai nilai yang memuaskan.
RUBRIK
PENILAIAN
MATA KULIAH BIOLOGI
SEMESTER
GANJIL 2013-2014
No
|
Elemen
|
Skor
Maks
|
Penilaian
|
||
I. Identitas
|
|
Diri
|
Teman
|
Dosen
|
|
1
|
Nama dicantumkan
|
5
|
|
|
|
2
|
Seluruh masukan dibubuhi tanggal
|
5
|
|
|
|
3
|
Konsep yang dipelajari dicantumkan
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
II. Isi Jurnal
|
|
|
|
|
|
4
|
Mengeksplor beragam konsep
penting yang dipeserta didiki
|
15
|
|
|
|
5
|
Menyajikan konsep yang belum
dipahami
|
15
|
|
|
|
6
|
Mengidentifikasi
permasalahan/pertanyaan beserta peme-cahannya
|
15
|
|
|
|
7
|
Jurnal menunjukkan bahwa mahasiswa dapat melihat dirinya sendiri sebagai
pembelajar, menemukan dan menyelesaikan masalah serta bekerja untuk
meningkatkan kebiasaan belajarnya
|
20
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
III. Sistematika
|
|
|
|
|
|
8
|
Jurnal terorganisasi dengan
baik dan lengkap
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
IV. Lain-lain
|
|
|
|
|
|
9
|
Ketepatan dalam mengumpulkan
jurnal
|
10
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
J u m l a h S k o r
M a k s i m a l
|
100
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar